Langsung ke konten utama

Cara Memilih Toples Bumbu Dapur Yang Aman Dan Ramah

grinnliving.com

Salah satu kebutuhan di dapur yang paling sering disentuh oleh ibu rumah tangga adalah toples bumbu. Setiap kali Anda memasak, Anda perlu mengambil salah satu bumbu seperti garam, micin, merica, dan lainnya. 

Untuk memudahkan dalam mencari salah satu bumbu yang Anda butuhkan, biasanya Anda menggunakan wadah untuk meletakkan bumbu-bumbu tersebut. Agar tidak sulit memilih bumbu, biasanya toples bumbu diberi tulisan.

5 Cara Memilih Toples Bumbu

Terkadang ibu rumah tangga memilih menggunakan wadah seadanya dari sisa makanan yang mereka temukan. Padahal, jika dilihat dari keamanannya terasa kurang higienis. Plus, Anda memasak untuk keluarga tercinta. Bicara soal toples bumbu dapur, memang banyak sekali jenisnya. Mulai dari harga yang murah atau mahal. Toples merupakan wadah favorit para ibu. 

Toples dapat digunakan untuk menyimpan kue, bumbu dapur, selai, kacang, topping, dan bahkan manik-manik. Saat ini banyak sekali model toples, mulai dari toples kue, toples plastik, toples kue lebaran, toples kerupuk. Berikut ini cara untuk memilih toples yang aman untuk Anda.

1. Memilih bahan toples

Saat memilih toples, baik Anda berbelanja online atau di toko peralatan rumah tangga, hal pertama yang dapat Anda pertimbangkan adalah bahan atau material toples. Dilihat dari jenisnya, toples terbuat dari berbagai bahan seperti plastik, kaca dan kristal.

Pilih jenis toples yang benar-benar untuk menaruh bumbu masak, manisan atau keperluan lainnya. Untuk bahannya, ibu rumah tangga biasanya menyukai jenis toples kaca. Selain bentuknya yang beragam, material kaca lebih tahan dan higienis.

2. Memperhatikan Kualitas toples

Kebanyakan ibu rumah tangga yang berbelanja di pasar seringkali tergiur dengan harga yang murah tanpa mempertimbangkan kualitas bahan. Seperti halnya saat membeli toples bumbu ini, karena jenisnya yang banyak, sebaiknya pilih merek toples yang sudah paten dan resmi.

Pastikan Anda mementingkan tujuan membeli toples. Jika tujuan Anda adalah membeli toples bumbu, sebaiknya pilih toples kecil. Namun jika ingin membeli toples kue lebaran, Anda bisa membeli toples berukuran sedang.

3. Memilih Jenis Toples Sesuai Kebutuhan

Dilihat dari jenis toplesnya sudah sesuai dengan kebutuhan. Toples sering digunakan untuk menyimpan kue, kuas, madu, sendok, kopi, bumbu, dan lainnya. Saat ini ada jenis toples berpenampilan menarik dan estetis yang ditawarkan yang menggunakan kaca dan dilapisi kayu. Fungsinya untuk menjaga kehigienisan bumbu yang ditaruh di wadah.

4. Mempertimbangkan ukuran toples

Pertimbangan selanjutnya saat memilih toples, perlu juga melihat ukuran dan model yang ditawarkan. Saat ini jenis toples ditawarkan dalam berbagai ukuran dan bentuk mulai dari bentuk oval, persegi dan bulat dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Sedangkan untuk toples bumbu sebaiknya pilih yang ukuran kecil karena akan ada bumbu seperti garam, merica, gula dan bumbu lainnya.

5. Pilih toples yang mudah dibersihkan

Ketika bumbu di dalam toples habis, kita pasti akan mencucinya agar bersih dan bisa digunakan untuk menyimpan bumbu lainnya. Sayangnya, beberapa toples sulit dicuci karena mulutnya kecil atau terlalu tinggi untuk dijangkau spons di dalamnya.

Selain itu, ada juga toples yang masih meninggalkan bau atau noda dari bumbu sebelumnya meski sudah dicuci. Ini biasanya terjadi pada toples plastik berkualitas rendah. Untuk itu, pilihlah toples yang mudah dicuci. Jangan hanya melihat bentuknya yang bagus, tetapi tidak bisa dibersihkan.

Setelah membaca tips memilih toples bumbu di atas, jelas Anda kini mulai memahami cara memilih toples bumbu yang tepat yang bisa Anda pakai. dan tentunya Toples bumbu yang Anda pilih aman dan ramah lingkungan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips Mengajarkan Storytelling Dalam Rangka Menumbuhkan Indonesia Cinta Membaca

Yuk Kenali 5 Jenis Pinjaman Online Ini!

Nonton Movie Online di ITCMOVIE Gratis Download Film Terbaru