Mitos Pengobatan Luka

Mitos Pengobatan Luka

Saat mendapatkan luka, kita tidak boleh menyepelekannya dan tidak menyembuhkannya dengan segera. Sebab, luka bisa menjadi pintu masuk kotoran dan virus berbahaya yang mendatangkan penyakit lainnya ke dalam tubuh kita. Untuk itu, luka perlu segera diobati agar penyembuhannya berjalan secara optimal.

Dalam proses penyembuhan luka, kita bisa menggunakan obat luka jatuh agar dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Tapi, disamping itu, dalam pengobatan luka ada beberapa mitos yang dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka meski tidak diketahui kebenarannya. Berikut ini beberapa mitos pengobatan luka yang perlu diketahui.

Luka lebih cepat sembuh saat terkena udara
Salah satu mitos yang telah lama beredar adalah penyembuhan luka yang lebih cepat sembuh karena terkena udara. Mitos ini beredar karena luka yang terkena udara akan lebih cepat mengering atau tidak mudah membusuk. Tapi apakah benar demikian?

Pada dasarnya, luka yang dibiarkan terbuka memang bisa mendapatkan udara dan mencegah luka tersebut menjadi busuk. Namun, membuka luka begitu saja tanpa menutupnya sedikitpun justru bisa berdampak buruk pada luka. Sebab, udara yang mengenai luka belum tentu merupakan udara yang bersih dan bebas bakteri. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah luka terdampak bakteri yang terbawa oleh udara hingga akhirnya berujung pada infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan perban untuk menutupi luka dari udara dan gesekan tanpa membiarkannya busuk karena tertutupi udara.

Plester menjadi tempat berkembang biaknya kuman
Mitos umum lainnya adalah bahwa bakteri merasa sangat nyaman di bawah plester luka dan membuat luka menjadi busuk. Hal ini tentu bukanlah hal yang tepat karena menggunakan plester dengan cara yang tepat untuk menutupi luka yang sebelumnya telah dibersihkan akan melindunginya dari kontaminasi melalui kuman dan bakteri. Cara ini bisa membantu Anda untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi. Khususnya pada plester anti-bakteri, plester ini justru bisa membantu mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Dengan demikian, sebaiknya jangan sepenuhnya percaya dengan mitos tanpa mencaritahu terlebih dahulu faktanya.

Mengetahui mitos-mitos diatas bisa membuat kita mengetahui apa saja hal yang benar-benar bisa menyembuhkan luka dan mana yang hanya sekadar mitos belaka. Untuk itu, membaca info kesehatan sangatlah penting agar kita bisa lebih update terhadap dunia kesehatan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar