Inilah Cara Klaim Asuransi Mobil yang Hilang

Inilah Cara Klaim Asuransi Mobil yang Hilang

Anda tentu akan merasa bangga jika bisa membeli mobil dengan uang sendiri. Mobil tersebut tentunya akan Anda rawat sebaik mungkin. Asuransi kendaraan menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa membuat kendaraan Anda lebih terlindungi. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu khawatir jika suatu saat kendaraan Anda mengalami kerusakan akibat kecelakaan, dan lain-lain. Asuransi kendaraan MSIG bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berkendara tanpa cemas.

Saat bangun tidur, tiba-tiba Anda terkejut karena mobil Anda sudah tidak terparkir di garasi. Spontan Anda langsung pergi menghubungi polisi karena telah terjadi pencurian mobil. Namun sebelum menghubungi polisi, ada baiknya Anda mengubungi pihak asuransi terlebih dahulu. Pihak asuransi akan memberikan klaim atas kasus kehilangan kendaraan Anda. 

Selain kerusakan, pihak asuransi pun akan memberikan klaim jika terjadi kehilangan pada kendaraan Anda. Klaim ini tentunya berdasarkan pada jenis asuransi yang Anda gunakan. Pihak asuransi kemungkinan akan mengganti seluruh kerugian atau sekian persennya saja. Dengan begitu, Anda pun tidak akan mengalami kerugian yang cukup besar akibat musibah ini.

Apakah proses klaim asuransi mobil yang hilang terbilang mudah? Bagaimana caranya?

Proses klaim atas kehilangan kendaraan bisa dibilang cukup mudah, asalkan Anda mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku, seperti mempersiapkan dokumen, dan lain-lain. Anda harus melaporkan kasus ini dalam waktu 3x24 jam. Jika tidak, maka dikhawatirkan klaim Anda akan ditolak oleh pihak perusahaan dan Anda akan mengalami kerugian dua kali lipat. 

Cara untuk mengklaim asuransi mobil yang hilang cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Membuat laporan kepada perusahaan asuransi
Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melapor kepada pihak asuransi atas kehilangan yang Anda alami. Anda bisa melaporkannya melalui email, telepon, atau langsung menemui petugas yang berwenang. Pada proses ini, pihak perusahaan asuransi akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui detail kejadiannya seperti apa. Setelah itu, Anda akan diberi tahu langkah-langkah untuk memproses pengajuan klaim Anda.

2. Mengurus pembuatan berita acara
Setelah pihak perusahaan memberi tahu Anda prosedurnya, Anda bisa pergi ke kantor polisi untuk melaporkan kehilangan kendaraan Anda. Sesampainya disana, Anda akan dimintai untuk membuat berita acara yang berisikan data pribadi Anda dan kronologis peristiwa kehilangan tersebut. Setelah laporan dibuat, maka polisi akan meminta dua orang saksi untuk memastikan bahwa kronologis tersebut benar adanya.

3. Membuat surat pemblokiran
Setelah pembuatan berita acara selesai, maka pihak kepolisian pun akan membuat surat pemblokiran dokumen-dokumen kendaraan Anda sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

4. Mengurus surat dari Kepala Direktorat (Kadit)
Langkah selanjutnya yaitu dengan meminta surat permohonan pada Kepala Direktorat. Surat tersebut meliputi dokumen-dokumen seperti fotokopi KTP, BPKB, polis asuransi, tanda laporan dari kepolisian, faktur pembelian kendaraan, dan lain sebagainya.

5. Membuat surat klaim
Langkah yang terakhir adalah membuat surat permohonan klaim kepada perusahaan asuransi yang berkaitan. Anda harus mengisi formulir sedetail-detailnya serta melengkapi beberapa dokumen seperti fotokopi SIM, polis asuransi, STNK, BPKB asli, subrogasi, kunci kontak kendaraan, surat kehilangan dari kepolisian, dan masih banyak lagi. Dengan begitu proses pengajuan klaim pun bisa diterima dan pihak asuransi akan sgera membayar kerugian tersebut.

Itulah beberapa proses klaim asuransi kehilangan mobil yang bisa Anda ketahui agar jika sewaktu-waktu mengalami musibah kehilangan Anda bisa tanggap untuk mengurusnya. Beli asuransi mobil sangat dianjurkan agar kendaraan Anda tetap aman dan terlindungi. 

Posting Komentar

0 Komentar