Langsung ke konten utama

Telat Haid atau Memang Hamil? Inilah Cara Membedakannya

Telat Haid atau Memang Hamil? Inilah Cara Membedakannya

Telat haid sering dikaitkan dengan kehamilan. kondisi ini sebenarnya ada penjelasan secara medis. Anda bisa memastikannya lewat tes kehamilan setelah telat haid 7 hari agar akurat. Selain itu, berbagai gejala ini dapat membedakan antara telat haid saja atau benar-benar hamil. Frekuensi timbulnya gejala serta tanda kompleks yang menyertainya adalah pembedanya.

1. Kram Perut

Berbagai tanda awal kehamilan pasti dialami ketika Anda tengah berbadan dua. Tanda awal kehamilan ini muncul di trimester pertama kehamilan. Faktanya, beberapa tanda awal kehamilan nyaris sama dengan tanda haid. Jika gejala tersebut muncul ketika Anda telat haid, maka bisa memunculkan persepsi bahwa Anda tengah berbadan dua. Hal ini harus diluruskan.

Cara untuk membedakan tanda awal kehamilan dengan telat haid adalah frekuensi gejala. Salah satunya adalah kram perut. Ketika dalam kondisi hamil, Anda akan merasakan perut nyeri dan sedikit kaku secara berkepanjangan dan terjadi pada satu titik yang diakibatkan oleh implantasi embrio di dinding rahim.
Gejala tersebut memang berbeda dengan kram saat telat haid yang rasa nyerinya menyebar dan disertai rasa pegal di bagian pinggang dan punggung. Jika demikian, Anda harus bisa membedakannya.

2. Nyeri pada Payudara

Saat kehamilan, payudara mengalami perubahan yang mulai muncul di masa awal kehamilan. Perubahan tersebut ditandai dengan rasa nyeri dan bengkak di payudara. Sensitivitasnya juga meningkat akibat perubahan hormon. Bagian aerola juga lebih menghitam dan lunak sebagai persiapan menyusui.

Kondisi tersebut berbeda dengan gejala nyeri payudara ketika telat haid, yaitu hanya disertai nyeri biasa dan sedikit bengkak. Rasa nyeri ini juga hanya berlangsung sebentar selama satu atau dua hari saja. Anda bisa membedakannya dari kondisi yang dialami.

3. Perubahan Mood

Telat haid 7 hari merupakan isu yang mengarah pada kehamilan. Untuk memastikannya, Anda perlu memahami bagaimana gejala yang dialami. Gejala yang dialami tentu saja tidak hanya secara fisik, namun juga secara psikis. Salah satu gejala perubahan psikis adalah perubahan mood.

Pada awal kehamilan, Anda pasti akan merasakan mood yang berubah-ubah tanpa sebab. Akibatnya, sikap Anda bisa berubah-ubah sesuai dengan perubahan hormon yang terjadi. Hal ini berlangsung lumayan lama. Berbeda dengan perubahan mood karena akan haid yang hanya berlangsung satu atau dua hari sebelum menstruasi.

4. Pendarahan

Pendarahan adalah gejala sebagai pembeda antara tanda awal kehamilan dengan tanda akan menstruasi. Frekuensi pendarahan tentu berbeda antara keduanya. Pendarahan karena menstruasi tentu saja lebih banyak dibandingkan keluarnya darah ketika awal kehamilan.

Di awal kehamilan, Anda hanya akan mengalami flek ringan berupa darah segar sebagai efek implantasi embrio di dinding rahim. Perbedaan ini harus diketahui agar tidak menimbulkan persepsi yang berbeda.

Setelah telat haid 7 hari, Anda bisa melakukan tes kehamilan secara akurat. menurut penjelasan di Orami Magazine, tes kehamilan menggunakan test pack akan terlihat garisnya secara jelas saat telat haid 1 minggu atau lebih. Berbagai gejala telat haid yang mirip dengan tanda awal kehamilan tersebut harus dipahami untuk lebih meyakinkan diri. Kesehatan juga bisa lebih dijaga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips Mengajarkan Storytelling Dalam Rangka Menumbuhkan Indonesia Cinta Membaca

Yuk Kenali 5 Jenis Pinjaman Online Ini!

Nonton Movie Online di ITCMOVIE Gratis Download Film Terbaru